Kunjungan pabrik ke astoetikYogyakarta, Senin 30 September 2019 Laboratorium Perancangan Tata Letak Fasiltas (PTLF) Jurusan Teknik Industri mengadakan kunjungan pabrik ke PT. Putra Multi Cipta Teknikindo (Astoetik) yang berlokasi di Jalan Lestari RT 02, Jeblog, Tirtonirmolo, Kasihan,Bantul, DIY. Kunjungan diikuti oleh 10 orang termasuk dosen pembimbing Dr.Ir.Hj. Titin Isna Oesman, MM dan Ir. Joko Susetyo, M.T.

Astoetik sendiri merupakan singkatan dari Auto-Electric Stove for Batik, yaitu sebuah inovasi anak bangsa berupa teknologi alat batik listrik yang sudah dikomersilkan sejak 2014. Produknya meliputi kompor batik listrik serta canting batik listrik. Produknya dijual di dalam negeri bahkan sudah sampai ke luar negeri.

Sampai di Astoetik, rombongan dijelaskan mengenai produk yang dihasilkan, proses produksi, dan juga profil perusahaan oleh Wuri Rohmadi,SE selaku manajer pemasaran. Setelah itu mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengambil data/ mengukur area produksi, juga mesin yang digunakan, dan lain-lain. Diakhir kunjungan, rombongan foto bersama dengan perwakilan dari Astoetik sekaligus penyerahan plakat dari laboratorium.

Mahasiswa sebelumnya sudah diberikan pengarahan untuk kunjungan oleh Ir. Risma A Simanjuntak, MT selaku kepala laboratorium bersama dengan asisten pembimbing praktikum pada hari Jumat, 27 September 2019. Mereka di jelaskan mengenai data yang harus diambil di pabrik.

Technical meeting“Adanya kunjungan ke pabrik yaitu untuk mengetahui permasalahan tata letak pabrik yang sebenarnya. Diharapkan mahasiswa mampu merancang tata letak yang baik dan benar sehingga tujuan dari praktikum dapat tercapai dengan baik.”, jelas Ir. Risma A Simanjuntak, MT.