Presentasi CIC 2019 Teknik Industri IST AKPRIND Yogyakarta
Presentasi CIC 2019 Teknik Industri IST AKPRIND Yogyakarta

Jurusan Teknik Industri dan Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta mengadakan kegiatan Creative Industries Competition  (CIC) 2019 sebagai agenda tahunan yang dilaksanakan pada Senin 15 April 2019 pukul 08.00 sampai 14.00 WIB di Auditorium IST AKPRIND Yogyakarta Kampus Balapan.

Kegiatan yang bertemakan “Millenial Technovation for Better Future Green Industries” ini dibuka dengan sambutan oleh Bapak Ir. Joko Waluyo, M.T. selaku Wakil Rektor 3  IST AKPRIND Yogyakarta dan dilanjutkan dengan pemukulan gong.

Pembukaan CIC 2019 Jurusan Teknik Industri IST AKPRIND Yogyakarta
Pembukaan CIC 2019 Jurusan Teknik Industri IST AKPRIND Yogyakarta

Terdapat 5 team dari berbagai SMA/SMK se-DIY dan Jawa Tengah yang mengikuti  kompetisi ini yang kemudian mereka melakukan presentasi di hadapan 3 juri yaitu Juri 1 ir. Risma Adelina Simanjuntak. MT, Juri 2 Beny Firman S.T,.M.Eng, dan Juri 3 Andrean Emaputra S.T,M.Sc. Setelah diskusi alot antara para juri dalam menentukan pemenang, akhirnya kompetisi dimenangkan oleh SMK N 9 Semarang dengan produk Vacuum Cleaner Botol Bekas dan mendapatkan Piala Gubenur dan uang pembinaan 2 juta rupiah, kemudian  juara 2 juga diraih oleh SMK N 9 Semarang dengan produk Pemanfaatan limbah kayu menjadi lampu belajar (mendapatkan piala wali kota dan uang pembinaan sejumlah 1,5 juta rupiah), dan juara 3 SMK Perindustrian Yogyakarta dengan produk Penyulingan minyak dengan sampah plastic mendapatkan uang pembinaan sebesar 1 juta rupiah.

 

Kegiatan ini bertujuan sebagai wadah dalam mengembangkan ide para peserta, serta para peserta dapat menerapkannyadalam bentuk produk nyata, yang mana produk tersebut memiliki unsur manfaat, pemecahan masalah, solusi dan nilai jual sehingga peserta akan termotivasi untuk mengembangkan lagi desain yang mereka buat dan bahkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Kompetisi ini juga sebagai ajang pengenalan Kampus IST AKPRIND kepada siswa/i SMA/K sederajat yang ada di D.I Yogyakarta dan Jawa Tengah. (Ens)