Yogyakarta – Mahasiswa IST AKPRIND Yogyakarta jurusan Teknik Industri beserta dosen pembimbing melaksanakan Studi Ekskursi dalam rangka pendalaman pengetahuan mahasiswa tentang dunia kerja. Studi ekskursi tersebut berlangsung selama 3 hari (3-7 Februari 2020) yang diikuti oleh  mahasiswa jurusan Teknik Industri Angkatan 2018 dan 3 dosen pembimbing.

Hari pertama kunjungan ke PT Sri Rejeki Isman Textile Tbk. Atau lebih dikenal dengan Sritex yang berlokasi di Jalan KH Samanhudi No 88, Jetis, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Selanjutnya kunjungan ke PT Sinar Sosro yang merupakan perusahaan the siap minum dalam kemasan botol yang pertama di Indonesia. PT Sinar Sosro sendiri memiliki sekitar 14 pabrik yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain di dalam negeri, PT Sinar Sosro juga merambah ke Pasar Internasional dengan mengekspor produk-produk one waypackaging ke beberapa Negara di Asia, Amerika, Eropa, Australia, dan Kepulauan Pasifik.

Pada tanggal 6 Februari 2020, kunjungan dilanjutkan ke Pabrik Kata-Kata Joger yang merupakan produsen kaos Joger yang sangat terkenal dan merupakan salah satu ikun Pulau Dewata,Bali. Nama “Joger” sendiri merupakan gabungan dari dua nama yakni Joseph Theodorus W dan Mr. Gerhard Seeger. Didirikan di Bali pada tanggal 19 Januari 1981.

Jumat, 7 Februari 2020, kunjungan terakhir mahasiswa ke PT Morodadi Prima Karoseri yang merupakan perusahaan karoseri terkenal dan tertua di Malang. Perusahaan ini didirikan oleh bapak Lie Bambang Gunawan sejak 1964 di atas tanah seluas 5 hektar di Desa Randuagung, Kec. Singosari, Kab. Malang. Adapun beberapa produk terbarunya antara lain Shuttle Van, Medium Bus Vermont, Tourismo Double Glass, dll.

Studi Ekskursi ini dibimbing langsung oleh Ketua Jurusan Teknik Industri Endang Widuri Asih, ST., MT dan dua dosen pemerhati perkembangan industri nasional Mega Inayati Rif’ah., ST, MSc serta Argaditia Mawadati, ST., M.Sc. (Ens)