Yogyakarta – Jurusan Teknik Industri IST AKPRIND Yogyakarta mengadakan pertemuan dengan mahasiswa jurusan teknik industri semua angkatan yang akan dan sudah mengambil KP, PSI, TA, dan Skripsi dalam rangka peringatan masa studi sekaligus pelatihan penggunaan software referensi Mendeley pada hari Rabu 9 Oktober 2019 pukul 12.30 di Auditorium IST AKPRIND Yogyakarta. Acara ini diikuti oleh 203 peserta.

Penjelasan bidang akademikAcara diawali dengan pembacaan visi misi bersama dan dipimpin oleh salah satu mahasiswa. Kemudian dilanjutkan oleh Ketua Jurusan Teknik Industri, Endang Widuri Asih,ST., MT, menyampaikan peringatan masa studi dan juga motivasi kepada peserta yang hadir . Setelah itu diadakan pelatihan penggunaan software referensi Mendeley oleh Agus Hindarto Wibowo ,S.T., M.Sc. yang juga merupakan dosen jurusan teknik industri.

Beliau menjelaskan bahwa software ini mempermudah mahasiswa untuk melakukan kutipan dan membantu mendapatkan sumber informasi yang valid, baik dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

Mendeley sendiri merupakan salah satu  perangkat lunak  yang dikembangkan oleh Elsevier untuk mengelola dan berbagi makalah penelitian, mencari data penelitian, dan bekerja sama secara daring.

Pada saat pelatihan, mahasiswa dijelaskan tentang cara menginstal dan juga menggunakan software Mendeley dan dibimbing oleh beberapa dosen industri serta laboran jika ada kesulitan dalam menggunakan software. Bahkan mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk tanya jawab tentang materi yang diberikan.

Materi pelatihan dan panduan penggunaan perangkat lunak mendeley bisa di download di link unduhan.