Young innovation on creativity for industrial living teknik industri akprind

“Young Innovation on creativity for Industrial Living”

Yogyakarta- Himpunan Mahasiswa Teknik Industri /HMTI IST AKPRIND Yogyakarta akan menggelar acara Creative Industries Competition 2018 Tingkat SMA/K sederajat yang ada di D.I Yogyakarta dan Jawa Tengah pada tanggal 27 April 2018 Pukul 07.30 WIB – Selesai di Halaman Utama dan Auditorium IST AKPRIND Yogyakarta.

 

Creative Industries Competition (CIC) merupakan salah satu program kerja baru dari Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta yang dibuat oleh departemen P3M (Pendidikan, Penelitian, dan Pengembangan Mahasiswa) yang akan dilaksanakan setiap tahun.

Dalam dunia perindustrian di Indonesia sudah sangat pesat dan saling berlomba-lomba untuk membuat atau mengembangkan suatu produk secara kreatif dan inovatif serta memiliki nilai jual yang tinggi. Hal paling utama dalam pembuatan maupun pengembangan produk adalah dengan adanya desain produk. Dimana desain produk ini sendiri adalah awal dari kesuksesan dalam suatu produk agar produk tersebut nantinya lebih terencanakan dan menjadi salah satu penentu keberhasilan dari persaingan memenangkan pasar perindustrian di Indonesia. Dukungan pengembangan desain berwawasan kreatif dan inovatif yang memanfaatkan bahan material baru maupun bekas yang ada di daerah Yogyakarta dan Jawa Tengah adalah yang menjadi perhatian utama dalam kompetisi ini.

CIC  sendiri merupakan sebuah kompetisi yang fokus pada pembuatan atau pengembangan alat inovatif dibidang industri berbasis desain produk. Yang mana, nantinya target dari kompetisi yang dibuat ini adalah untuk mencari dan menemukan inovasi-inovasi yang didesain oleh para peserta yaitu siswa-siswi SMA/K sederajat dalam kompetisi. Hal ini pun sebagai wadah dalam mengembangkan ide para peserta, serta para pesertapun dapat menerapkannya dalam bentuk produk nyata, yang mana produk tersebut memiliki unsur manfaat, pemecahan masalah, solusi dan nilai jual. Para pesertapun akan termotivasi untuk mengembangkan lagi desain yang mereka buat dan bahkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.

Selain itu, kompetisi yang bertema “Young Innovation on creativity for Industrial Living” ini digunakan sebagai ajang pengenalan Kampus IST AKPRIND kepada siswa/i SMA/K sederajat yang ada di D.I Yogyakarta dan Jawa Tengah

Berikut adalah jadwal Pendaftaran sampai dengan pelaksanaan acara :

1 Maret – 15 April 2018 Registrasi Proposal Online
17 – 18 April 2018 Seleksi & Validasi
19 April 2018 Pengumuman Hasil Seleksi
20 April – 24 April 2018 Registrasi Ulang
27 April 2018 Pelaksanaan Acara